Rabu, 19 Juni 2019

Posted by Udinsawa in | Juni 19, 2019
Di Indonesia buah nangka bukanlah buah yang susah ditemukan. Buah yang tergolong dalam famili Moraceae ini terbukti tak sedikit tersedia di negara-negara Asia, Afrika, serta Amerika Selatan. 

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan: Cegah Kanker Hingga Kolesterol

Buah nangka mempunyai ukuran yang relatif besar dengan kulit buah yang kasar. Buah ini mempunyai bau manis yang kuat bahkan saat buah tetap di pohon. 

Bagian yang biasa dikonsumsi dari buah ini adalah daging umbi berwarna kuning di dalam buah. Di dalam umbi tersebut juga tersedia biji nangka yang bisa diolah menjadi tepung. Daging buah nangka mempunyai tekstur kenyal dengan permukaannya yang licin. Sebab rasanya yang manis, nangka bisa dimakan dengan cara langsung ataupun diolah menjadi beberapa macam masakan semacam cengkodok, keripik, es krim, serta sebagainya. 

Nangka adalah sumber vitamin C, potasium, serat makanan yang menyehatkan, serta beberapa vitamin serta mineral penting lainnya.

Sebab kandungan nutrisinya yang tinggi, nangka mempunyai tak sedikit kegunaaan yang baik untuk kesehatan. Berikut ini kegunaaan mengonsumsi buah nangka untuk kesehatan. 

Mencegah kanker 

Nangka mengandung zat yang disebut phytochemical. Menurut American Institute for Cancer Research, zat ini mempunyai sifat antioksidan, yang bisa menolong melawan efek radikal bebas. 

Radikal leluasa sendiri adalah molekul jahat yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel makhluk nasib. Kerusakan ini bisa berdampak pada regenerasi sel yang tidak normal jadi memunculkan kanker. Dalam buah nangka, zat phytochemical yang terkandung adalah flavonoid, saponin, serta tanin. 

Menambah energi 

Nangka mengandung karbohidrat rumit yang tinggi jadi bisa menambah energi tanpa membuang kadar gula darah.

Dilansir dari Food Revolution, uji klinis yang diperbuat oleh Glycemic Index Research Service di Universitas Sydney menemukan bahwa nangka mentah mempunyai muatan glikemik yang lebih rendah (peningkatan kadar gula/glukosa darah) daripada gandum alias beras. Jadi buah ini tepat untuk dijadikan makanan penambah stamina. 

Menyehatkan sistem pencernaan 

Nangka, khususnya bijinya, adalah sumber serat larut serta tak larut. Menurut laporan dari Medical News Today, serat larut bisa menolong menurunkan kadar kolesterol LDL serta memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam ajaran darah. 

Hal ini membikin nangka bisa mencegah lonjakan glukosa darah seusai makan. Suatu  penelitian bahkan menunjukkan bahwa serat makanan juga bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes, serta kanker usus besar. 

Mengontrol tekanan darah 

Potassium yang terkandung dalam nangka, dipercaya bisa menolong mengontrol tekanan darah. Data dari American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa zat ini sanggup menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium serta mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. 

Tetapi, zat ini tak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal serta penyakit lain yang membikin tubuh tak bisa mengolah kalium dengan baik.

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter